Langsung ke konten utama

Hidden Figures (Movie)


Bagian yang paling berkesan bagi saya adalah ketika Mary Jackson diadili di pengadilan atas sebuah petisi yang membuatnya "bersalah" menurut hukum Virginia saat itu. Ia, warga berkulit hitam yg lantang mengikuti sekolah engineering di Hampton High School (sekolah di Virginia yang hanya ditujukan unt warga kulit putih).
"Apa yg membuat orang berkulit hitam seperti Anda berani belajar di sekolah orang kulit putih?"
Dalam pleidoinya, Mary mendekati hakim dan berdialog :
M : Yang mulia, kalian semua harus paham pentingnya menjadi yang pertama.
H : Apa maksudmu, Mrs.Jackson?
M : Well, kau yg pertama di keluargamu : mengikuti angkatan bersenjata (US navy), yang pertama kuliah di Universitas (George mason), dan hakim provinsi pertama yang ditugaskan oleh 3 pemerintahan berturut-turut.
H : kau telah melakukan beberapa penelitian.
M : ya, Pak.
H : Apa intinya?
M : Intinya, yang Mulia....Tak ada wanita negro di Virginia yang pernah hadir di sekolah kulit putih manapun. Itu belum pernah terjadi.
H : Ya, itu belum pernah terjadi.
M : Dan sebelum Alan Shepard duduk diatas roket, tak ada orang Amerika yg pernah menyentuh luar angkasa. Dan sekarang, dia akan selalu diingat sebagai anggota US Navy dr New hampshire. Yang pertama menyentuh bintang!.
Dan saya, Pak. Aku berencana ingin jadi insinyur di NASA. Tapi aku tak bisa tanpa mengikuti pelatihan di sekolah kulit putih itu. Dan aku tak bisa mengubah warna kulitku. Jadi aku tak punya pilihan, kecuali jadi yang pertama. Yang mana hal tsb tidak bisa aku lakukan tanpa Anda, Pak.
Yang mulia, dari semua kasus yg kaudengar hari ini, mana yang akan berarti untuk 100 tahun dari sekarang? Mana yang membuatmu jadi yang pertama?
Yeay.
*Akhirnya dimasukin ke list film yang harus ditonton anak2 nanti 


Komentar