Langsung ke konten utama

HACKSAW RIDGE (Movie)




Perang selalu menyisakan luka, memakan korban, dan menciptakan berbagai trauma. Tapi film ini berhasil mengangkat cerita diluar itu semua.
Adalah Desmond Doss, anak muda yang memutuskan masuk militer sebagai panggilan jiwa untuk mengabdi pada negaranya. Sedari muda, ia mempelajari dunia medis dan memiliki tekad untuk menolong para prajurit yang terluka di medan perang. Meski seorang tentara, ia tidak mau memegang atau menggunakan senjata. Hal inilah yang membuat diriya menerima banyak kecaman dari teman-teman dan atasannya. Ia bahkan nyaris didepak dari militer.
Doss percaya satu ajaran "Thou shalt not kill" yang artinya kurang lebih "tidak boleh membunuh". Itulah yg membuat ia kekeuh untuk tidak membekali diri dengan senjata apapun. Ia takut senjata akan mendorongnya membunuh orang lain.
Disaat kondisi genting dan teman-temannya banyak yg mati dan terluka, Doss ini tetap bertahan. Ia bahkan berjuang sendirian menyelamatkan 75 prajurit terluka yang masih tertinggal di medan perang. Yang membuat banjir adalah dalam kondisi terlemahnya, ia berdoa pada Tuhan "Tolong, bantu aku menyelamatkan satu orang lagi". Jika berhasil, ia berdoa lagi....demikian seterusnya.
Film ini diangkat dari kisah nyata semasa perang dunia II. Berkat jasanya ini Desmond doss mendapatkan medal honor dari presiden Harry Truman.
Film ini asli bagus banget. Gak heran dapet beberapa penghargaan seperti Top ten movies of the year (2016), best picture, director,actor di OSCAR, Golden Globe dsb.
Actingnya oke, sinematografinya juga oke. Tapi hati-hati mah nontonnya. Soalnya saya nontonnya pakai bantal karena gak kuat menyaksikan adegan perangnya hehe


Komentar