Langsung ke konten utama

Selamat Ilang Tahun, Bunga Lily :)


Suatu hari, saat aku terbaring sakit di kosan dan tak seorang pun tahu, aku melihat sosok wanita di depan pintu. Jilbabnya yang melambai-lambai membuat mataku silau. Aku sempat berpikir : “Apa ini malaikat Izrail yang Allah kirim untuk menjemputku?” XD
Wanita ini segera mendekatiku tanpa aku minta, memeriksa kompresanku, mengecek suhu tubuhku kemudian berteriak dengan gayanya yang centil “Yaa ampuuuun Ociiiiiiiiiiiiii, kenapa kamu sakit gak bilang-bilaang”.
Tak selang berapa lama, kau memanggilkan “dokter pribadi kita”, mengantarku cek darah, beli obat, beli bubur, menemaniku seharian....

Ah aku tidak mungkin melupakan saat-saat itu....

Kau adalah wanita yang "serba bisa"

Bagi orang yang belum mengenalmu, mungkin mereka akan berpikiran bahwa kau adalah orang yang “biasa-biasa” saja atau orang yang “standar” seperti mahasiswa pada umumnya. Tapi bagi orang yang mengenalmu lebih dekat, aku berani bertaruh kalau mereka akan berpikiran yang sama denganku : kau adalah wanita yang luar biasa...

Aku paling ingat saat kau bercerita tentang keinginanmu untuk membeli laptop ASUS Transformer terbaru. Waktu itu aku melihatmu sangat antusias untuk mencari info sebanyak-banyaknya tentang si ASUS Idola itu, pindah dari satu website ke website lainnya, googling sana googling sini. Layaknya seorang sales, kau mempromosikan hasil pencarianmu, kau memamerkan keunggulan-keunggulan yang dimiliki si laptop yang tidak ada di laptop lainnya. “Jadiiii gini Ci, ASUS transformer itu sekarang baru ada di Eropa, belum masuk ke Indonesia, fiturnya bagus banget, begini begitu, kalo gue bisa punya laptop itu, gue bisa melakukan apapun, kerjaan gue bisa lebih gampang diselesaikan, lengkap, komplit”, itu kalimat yang kau ucapkan dengan semangat kepadaku

Beberapa hari kemudian, ternyata kau mengurungkan niat untuk membeli si ASUS transformer itu, dan memilih membeli laptop lain. Karena kau adalah orang yang sangat pandai membuat filosofi, kau hanya mengatakan kepadaku “Gue akhirnya beli laptop ini karena gue lagi butuh banget dan laptop impian gue belum ada di Indonesia. Mungkin si ASUS Transformer itu memang keren, tapi dia bukan yang gue butuhkan. Gue butuhnya sekarang Ci. Kayak jodoh Ci, sekeren apapun dia, belum tentu dia yang kita butuhkan”, wkwkwk

Hal lain yang aku ingat adalah tentang kau dan motor anehmu. Aku sendiri tidak habis pikir bagaimana kau bisa bertahan dengan si “TB”(nama motormu) itu. Rem blong, spion gak ada, lampu mati, penanda isi bensin mati -__-“. Bagaimana kau bisa bertahan dengannya sementara kau ini sangat mobile? sejam berada disini, sejam berada disana, sejam lagi sudah berada di tempat lain. Kalau aku punya detektor khusus yang bisa melacak keberadaanmu, mungkin alat detektorku akan rusak dengan mudah karena terlalu banyak mendeteksi spot-spot gerakmu.
Tapi kau berbeda, itu yang aku suka...
Aku melihat kau begitu menyayangi motor anehmu..
Pun ketika jam 10 malam saat kita masih terjebak di PPMT, atau saat kita sedang berada di samping wisma BNI jam 8 malam, motormu tiba-tiba tidak bisa dinyalakan. Ah lagi-lagi, bensinmu habis -_-“. Kau lupa lagi memberi minum motormu dan aku yakin kalau aku bukan orang pertama yang mengalami “kehabisan bensin” bersamamu, aku yakin, masih ada puluhan korban lainnya, wkwkwk. Aku sempat berpikir untuk membelikanmu buku khusus untuk melihat jadwal mengisi bensin agar kau tidak lagi mengalami kejadian seperti ini, tapi sayangnya aku selalu lupa memberikannya kepadamu

Kau tahu bagaimana kau harus memposisikan sesuatu pada tempatnya.

Pagi itu kita berjanji untuk datang ke acara walimahan Bang Nanda, rekan kerja kita. Kita sama-sama galau karena di saat yang bersamaan semua lembaga dakwah di Indonesia sedang mengumpulkan massa untuk melakukan aksi di depan kedubes Amerika. Mereka akan menyerukan suara yang sama untuk memperjuangkan nasib saudara-saudara kita di Myanmar dan Palestina. Mereka sangat membutuhkan raga kita untuk hadir ditengah-tengah kerumunan massa!, itu yang kita percaya
Dengan berbagai pertimbangan, kita sama-sama sepakat untuk berangkat aksi dulu baru datang ke acara walimahan, padahal saat itu kita sudah berdandan ala mbak-mbak kondangan.
Kita segera menuju TKP dengan motor anehmu. Baru setengah jalan kita lalui bersama, Allah mengirimkan hujan yang begitu deras untuk kita. Hujan mengguyur kita tanpa ampun, baju kita basah sebasah-basahnya.
Sesampainya di TKP, kita bergabung dengan teman-teman kita yang lain. Dan setelah aksi selesai, kita baru memutar arah ke tempat resepsi walimahan bang Nanda dengan baju yang basah kuyup. Meskipun kita aktivis, kita sama-sama punya persamaan. Kita sama-sama mempedulikan penampilan :P. Di tengah jalan kita sempatkan mampir ke tanah abang dan kita membeli baju dan kado pernikahan disana. Walhasil, kita tetap berhasil datang ke walimahan bang Nanda sebagai tamu “terakhir” dan dengan tampang cantik seolah-olah tidak terjadi apa-apa......
Ah, lagi-lagi  itu yang aku sukai darimu....
Kau mampu memilih dua diantara dua pilihan penting dan kau selalu dapat menyelesaikan dua-duanya.

Mungkin kau sedang berjalan untuk mencapai  kualitas kepemimpinan level 5


Aku ingat kata-kata bang Arief waktu itu. Ada 5 level kepemimpinan. Pertama adalah seorang pemimpin yang dihormati dan ditaati karena kekuasaan yang dimilikinya. Orang merasa terpaksa menghormatinya karena kalau tidak menghormati, mereka akan mendapatkan ancaman dan konsekuensi yang berat. Pemimpin level 2 adalah seorang pemimpin yang dihormati dan ditaati karena ia disukai oleh pengikutnya. Pemimpin seperti ini hanya akan bertahan sebentar karena jika ia kehilangan popularitasnya, maka orang-orang akan meninggalkannya. Pemimpin level 3 adalah seorang pemimpin yang dihormati dan ditaati karena kontribusi dan inovasi yang ia berikan dalam sebuah komunitas. Pemimpin model ini akan ditinggalkan ketika inovasi terbaru dan lebih bagus mulai banyak ditemukan pada diri orang lain.  Pemimpin level 4 adalah pemimpin yang dihormati dan ditaati karena ia memiliki visi misi yang jelas dan langkah strategis untuk mencapai visi misi itu, sedangkan pemimpin level 5 adalah mereka yang dihormati dan ditaati karena mereka memiliki integritas yang begitu kokoh dalam hidupnya.
Aku tidak ingin berlebihan memujimu, tapi bagiku saat ini kau berada pada posisi 4 dan aku pikir bukan tidak mungkin kau sedang berjalan ke level 5 :)

Darimu aku banyak belajar

Usia kita memang hanya berpaut 1 tahun 8 bulan, tapi aku merasa bahwa kau jauh lebih dewasa dariku.

Aku melihatmu sebagai sosok wanita tangguh dengan integritas yang tinggi.

Darimu, aku belajar tentang “itsar”, tentang bagaimana aku harus mendahulukan kepentingan saudaraku daripada kepentinganku sendiri, karena kau selalu melakukan itu .....

Darimu, aku belajar untuk tidak cengeng....aku tidak pernah melihatmu bermuka masam sekalipun aku tahu kau hidup dalam sebuak hirk pikuk amanah yang berlimpah. Kau selalu menunjukkan keceriaanmu di depan teman-temanmu.....

Darimu, aku belajar untuk berani menerapkan standar yang tinggi untuk diri sendiri. Bahwa aku harus bisa menjadikan hari ini harus lebih baik dari hari kemarin. Bahwa dunia saja tidak cukup untuk aku kejar, aku butuh mengejar kebahagiaan yang lebih kekal....

Darimu aku belajar tentang bagaimana menjadi pemimpin yang baik. Pemimpin yang tidak mencari kambing hitam dan berani tampil di depan untuk mengatakan “ini salah gue”. Pemimpin yang selalu berusaha memastikan rekan kerjanya bisa sampai di rumah dengan selamat...Pemimpin yang berusaha mengenali karakter rekan-rekan kerjanya...

Darimu aku belajar tentang tanggungjawab. Tentang bagaimana aku harus memberikan 100% kompetensi terbaikku untuk berkontribusi dalam arena yang aku pilih....

Darimu aku belajar, aku terus belajar untuk memperbaiki kualitasku sebagai seorang muslimah. Aku harus menyadari peranku. Bahwa pada akhirnya aku akan menjadi seorang istri, aku akan menjadi Ibu....aku harus bisa menjadi contoh yang baik untuk mereka...

Terimakasih telah mengenalkan Tarbiyah kepadaku, terimakasih telah mengenalkanku dengan orang-orang hebat yang membuka mataku tentang arti kehidupan ini, dan terimakasih karena telah mempercayaiku untuk menjadi temanmu J

Barakallah fi umrik kakak.... J
Semoga Allah semakin mencintai kakak...semoga Allah menempatkan kita dalam barisan orang-orang yang pandai bersyukur dan orang-orang yang bertakwa. Dan semoga di tahun 2013 ini kakak bisa memenuhi janji kakak untuk mengakhiri masa lajang kakak..wkwkwk
aamiin ya Rabbal ‘alamiiin J

Para pemburu Surga tidak akan berhenti pada tahap mimpi. Ada asa yang harus 
diwujudkan. Ada pengorbanan yang harus dikeluarkan. Ada amal dan karya nyata yang harus dipersembahkan…

Tetap berkarya ya Kak :)


 Gambar Kak Ninis lagi melakukan "sebuah aktivitas ilegal" di tengah-tengah rapat ILDP

Dari Oci untuk bunga Lily yang tak pernah layu dalam hidupnya,
ditulis dengan kemampuan menulis ala kadarnya dan kondisi mata 5 watt karena mau ujian :D




Komentar